DIGITS Menggelar BPM & Internal Control Workshop untuk GRC dan Peningkatan Proses Bisnis eFishery

Pada hari Selasa, 21 November 2023, Center for Digital Innovation Studies (DIGITS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran telah menyelenggarakan Business Process Management (BPM) and Internal Control Workshop atas permintaan eFishery, perusahaan Teknologi Akuakultur dengan visi menjadikan Akuakultur sebagai sumber protein hewani utama di dunia.

BPM & Control Workshop ini dipandu oleh Prof. Dr. rer. pol. Hamzah Ritchi, S.E., M.B.I.T., Ak sebagai fasilitator yang telah merancang pelatihan untuk membantu profesional, pemimpin, dan organisasi memahami, mengimplementasikan, dan meningkatkan manajemen proses bisnis mereka guna efisiensi, produktivitas, dan ketangguhan dalam operasi bisnis.

BPM & Control Workshop ini terdiri dari tiga sesi, yaitu sesi pemaparan materi, sesi pengerjaan tugas kelompok, dan sesi presentasi kelompok yang disertai dengan pemberian umpan balik oleh fasilitator.

Pada sesi pertama, Prof. Ritchi menyampaikan materi terkait pendahuluan, tata kelola, BPM, dan analisis kontrol proses bisnis. Pada sesi kedua, setiap kelompok diberikan proyek untuk menganalisis proses penjualan (order-to-cash) pada unitnya masing-masing dan memformulasikan Process Landscape Model, menganalisis risiko dan kontrol pada proses terkait, dan memberikan rekomendasi guna meningkatkan proses bisnis yang menjadi objek analisis.

Dalam mengerjakan proyeknya, seluruh peserta diajarkan untuk menggunakan bpmn.io sebagai alat bantu berbasis web untuk melakukan process modeling. Pada sesi ketiga, setiap kelompok diberikan waktu untuk mempresentasikan hasil proyeknya untuk kemudian diberikan umpan balik oleh Prof. Ritchi.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah 26 peserta dari berbagai divisi di eFishery yang kemudian dibagi ke dalam lima kelompok berdasarkan divisi masing-masing. Pada akhir kegiatan, setiap kelompok mampu mengilustrasikan proses penjualan pada divisi masing-masing dan mengidentifikasi permasalahan yang dialami guna melakukan perbaikan untuk meningkatkan proses bisnisnya.

Tags: